Training Ahli K3 Umum Sertifikasi Kemnaker di Bekasi & Cikarang

Training Ahli K3 Umum Sertifikasi Kemnaker di Bekasi & Cikarang

Setiap hari kerja di dunia terjadi kecelakaan kerja. Sekurang-kurangnya seorang meninggal dan lebih dari 6000 orang menderita luka akibat kerja. Sebagaimana kita ketahui, kecelakaan meninggal dan sakit akibat kerja memerlukan biaya yang harus dikeluarkan oleh Perusahaan, disamping kerugian akibat karena kerusakan properti atau kerusakan peralatan, serta hilangnya produktifitas .

Keselamatan dan kesehatan Kerja telah menjadi isu penting, tidak hanya dalam skala nasional, tetapi juga dalam skala internasional. Setiap perusahaan diwajibkan untuk menerapkan persyaratan K3. K3 tidak lagi hanya milik perusahaan dibidang minyak dan gas, pertambangan, proyek konstruksi dan manufaktur, tetapi sudah merambah kesemua jenis perusahaan. Namun demikian, pengetahuan dibidang K3, tidaklah wajib hanya bagi karyawan bidang K3, tetapi wajib bagi seluruh karyawan yang bekerja pada perusahaan.

Pembinaan AHLI K3 UMUM adalah program kemenaker untuk mempersiapkan ahli K3 yang dapat membantu mengembangkan K3 di perusahaan. Pelatihan Ahli K3 Umum merupakan bentuk seleksi atau penilaian khusus bagi seseorang atau tenaga teknis tertentu yang pernah mengikuti kursus petugas K3 (safety officer) atau kursus instruktur K3 yang berminat menjadi ahli K3 sebagaimana di maksud dalam UU 1 tahun 1970 dan peraturan pelaksananya. Dimana waktu pelaksanaan Pelatihan Ahli K3 Umum tersebut sekurang-kurangnya dalam 120 jam pelajaran atau selama 12 hari efektif. Training ahli AK3 Umum dirancang untuk memenuhi kebutuhan perusahaan dalam menuju produktifitas dan efisiensi sehingga dapat meningkatkan daya saing perusahaan. Dan juga melatih para peserta pelatihan agar mendapat pengalaman dalam Ahli K3 Umum ini.

Berdasarkan UU  No. 1  Tahun  1970  dan  peraturan  pelaksanaannya  pada  Permen No.4/MEN/87  pasal  2  mewajibkan  perusahaan mempunyai  Ahli  K3  agar  pelaksanaan  K3  di tempat  kerja  berjalan  optimal serta merujuk pada KEPMENAKER NO.239/MEN/2003 Tentang Pedoman Pelaksanaan Sertifikasi KompetensiPelatihan Sertifikasi dirancang  untuk  memenuhi  kebutuhan operasional  perusahaan  menuju  produktivitas  dan  efisiensi  untuk  meningkatkan  daya saing perusahaan, serta merujuk kepada Peraturan Menteri Tenaga Kerja R.I. Nomor Per.02/Men/1992 tentang tata cara penunjukan, kewajiban, dan wewenang Ahli keselamatan dan kesehatan kerja.

Sertifikasi kompetensi merupakan bukti pengakuan atas keahlian seseorang dalam bidang K3. Perkembangan dan persaingan dalam dunia industry apalagi dengan terbukanya lapangan kerja bagi warga asing untuk masuk ke Indonesia, makin meningkatkan persaingan dalam memperoleh lapangan kerja. Tidak ada jalan lain bagi seorang pekerja untuk mampu bersaing dalam memperoleh dan mempertahankan pekerjaannya selain dengan meningkatkan kompetensinya dalam bidang keahlian yang digelutinya. Untuk itu diperlukan pelatihan atau training berbasis kompetensi sesuai dengan kebutuhan dunia industri. Depnakertrans sangat menyadari hal tersebut khususnya dalam bidang kesehatan dan keselamatan kerja (K3) dengan menerbitkan suatu acuan standar kompetensi dalam bidang K3 yang dikenal dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SKKNI K3) dengan surat keputusan Nomor: 42/MEN/III/2008.

Sertifikasi dan penunjukkan sebagai ahli K3 Umum, merupakan program pemerintah untuk mengurangi kecelakaan dan penyakit didunia kerja, sehingga dapat meningkatkan kemanan bekerja, profit dan image positif bagi perusahaan.

Jangka waktu pelatihan Ahli K3 Kemnaker yaitu selama 12 hari kerja yang nantinya setelah mengikuti pelatihan atau sertifikasi ini peserta akan mendapat 3 dokumen. Dokumen tersebut yaitu Sertifikat Keikutsertaan Pembinaan Calon Ahli K3 Umum, Surat Keputusan Penunjukan (SKP) Ahli K3 Umum dan yang terakhir adalah Kartu Tanda Kewenangan Ahli K3/Lisensi K3. Peserta pelatihan K3 Kemnaker ini juga akan mendapatkan sebuah pin serta sebuah lencana bertuliskan “Penegak Ketentuan K3, Panca Karsa, Ahli K3”. Masa berlaku sertifikasi yaitu selama 3 tahun dimana terdapat dokumen yang harus diperpanjang dalam jangka waktu 3 tahun sekali yakni SKP (Surat Keputusan Penunjukan) dan Lisensi K3. Namun untuk melakukan perpanjangan ini pemilik dokumen tidak perlu melakukan ujian ulang, yang diperlukan hanyalah dokumen yang menyatakan pengajuan permohohanan untuk memperpanjang SKP.

Permenaker no. 2 tahun 1992 telah mengatur mengenai tata cara penunjukkan Ahli K3 Umum. Setiap perusahaan yang memiliki karyawan 100 orang atau lebih, atau memiliki resiko pekerjaan yang tinggi, wajib memiliki P2K3 dan juga minimal seorang Ahli K3 Umum. Ahli K3 umum adalah kepanjangan tangan dari pemerintah dalam mengawasi pekerjaan ditempat kerjanya, agar sesuai dengan persyaratan perundang undangan yang telah ditetapkan pemerintah, sehingga dapat mengurangi resiko dan insiden, baik itu kecelakaan maupun penyakit akibat kerja.

Berikut merupakan Tujuan, Metode, Persyaratan dan Investasi yang diperlukan untuk mengikuti dan diketahui para peserta yang akan mengikuti Training Ahli K3 Umum.

Tujuan Training Ahli K3 Umum Sertifikasi Kemnaker di Bekasi & Cikarang :

Setelah mengikuti pelatihan Ahli K3 Umum, peserta diharapkan :

  • Memahamitugas dan kewajiban dalam melaksanakan system dan proses K3 di tempat kerja
  • Memahami wewenang dan tanggung jawab Ahli K3
  • Memahami sistem manajemen K3
  • Menjelaskan sistem pelaporan kecelakaan
  • Menganalisa kasus kecelakaan, mengetahui faktor penyebabnya dan dapat menyiapkan laporan kecelakaan kepada pihak terkait.
  • Mengimplementasikan Sistem Manajemen K3 untuk mencapai “ Zero Accident”
  • Mengenal P2K3 (Panitia Pembina Keselamatan & Kesehatan Kerja), tugas, tanggung-jawab & wewenang organisasi P2K3 tersebut – Mengenal pembinaan & pengawasan Keselamatan dan Kesehatan Kerja/K3 ditingkat perusahaan, Nasional & Internasional.
  • Mengidentifikasi obyek pengawasan Keselamatan dan Kesehatan Kerja/K3.
  • Mengetahui tentang persyaratan serta pemenuhan mengenai peraturan UU ditempat kerja.
  • Mengetahui tentang persyaratan K3 ditempat kerja sebagai mana yang telah dituliskan dalam Undang-undang Keselamatan Kerja.
  • Mengetahui tentang proses audit & ruang lingkup untuk mengukur target atau tingkat pencapaian yang telah ditentukan oleh perusahaan/pengusaha.

Pokok Bahasan Training Ahli K3 Umum Sertifikasi Kemnaker di Bekasi & Cikarang:

  1. Pre – Test
  2. Kebijakan K3 Nasional
  3. UU No.1 tahun 1970
  4. Prinsip – Prinsip Dasar K3
  5. P2K3
  6. Kelembagaan dan Keahlian K3
  7. Pengawasan K3 Penanggulangan Kebakaran
  8. Pengawasan K3 Listrik
  9. Pengawasan K3 Pesawat Uap
  10. K3 BejanaTekan
  11. Pengawasan K3 Mekanik
  12. Pengawasan K3 Konstruksi Bangunan
  13. Pengawasan K3 Kesehatan Kerja
  14. Pengawasan K3 Bahan Kimia Berbahaya
  15. Pengawasan K3 Lingkungan Kerja
  16. Sistem Manajemen K3 (SMK3)
  17. Audit SMK3
  18. Manajemen Resiko
  19. Analisa Kecelakaan
  20. Analisa Laporan dan Statistik Kecelakaan
  21. Praktek Plan Visit /Kunjungan Lapangan/PKL
  22. Post – Test
  23. Seminar

Metode Pelatihan :

  1. Test Awal
  2. Penjelasan materi/presentasi
  3. Film/Video
  4. Studi Kasus
  5. Observasi praktek lapangan
  6. Diskusi dan tanya-jawab
  7. Ringkasan dan kesimpulan
  8. Penilaian
Sasaran Peserta Training Ahli K3 Umum Sertifikasi Kemnaker di Bekasi & Cikarang :

Praktisi K3, Supervisor, Anggota P2K3 dll. Dengan persyaratan minimal Sarjana Muda/D3 atau sederajat dari semua bidang usaha antara lain manufaktur, konstruksi, jasa perhotelan, transportasi, rumah sakit, dsb.

Fasilitas Training Ahli K3 Umum Sertifikasi Kemnaker di Bekasi & Cikarangi :
  1. Hard / Soft Copy Materi Training
  2. Sertifikat dari Kemenaker
  3. Training kit
  4. 2x coffee break
  5. Makan Siang
  6. Souvenir

Berkas Persyaratan

Calon peserta Pelatihan Ahli K3 Umum adalah mahasiswa tingkat akhir (minimal semester 7), fresh graduate, dan praktisi dengan pendidikan minimal D3.

  1. Mengisi Formulir Pendaftaran
  2. Surat keterangan sehat dari dokter/puskesmas/dokter perusahaan
  3. Fotocopy Ijazah D3/S1 Legalisir
  4. Fotocopy Kartu Tanda Pengenal (KTP) / Surat Identitas Mengemudi (SIM)
  5. Surat keterangan dari kampus (bagi siswa D3/S1 semester akhir)
  6. Surat keterangan kerja/penunjukkan dari atasan (bagi yang sudah bekerja)
  7. Pas foto latar belakang merah ukuran 2×3, 3×4, dan 4×6 (masing-masing 2 lembar)

Durasi Training Ahli K3 Umum Sertifikasi Kemnaker di Bekasi & Cikarang : 12 Hari (96 Jam)


Investasi Training Ahli K3 Umum Sertifikasi Kemnaker di Bekasi & Cikarang : Rp 8.500.000/peserta

Biaya sudah termasuk materi training dan UU, training kit, souvenir, door price dan coffe break serta lunch untuk peserta.

Untuk Informasi lebih lanjut Silahkan Hubungi :

Contact Person

Yuwana Agung Nugraha 

HSE CONSULTANT

Nomor HP : 0857-7007-7511

Email : yuwana@pusatk3bekasi.com

Website :https://pusatk3bekasi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Mau Info Training K3 ?, Chat Admin Yuk !